Jumat, 20 Juni 2014

4 hewan legenda penjaga mata angin versi Jepang!


Ini nih Friends 4 Hewan Legenda penjaga mata angin versi Jepang

1. SUZAKU
Hewan berbentuk burung merah yang terbuat dari api ini menjaga bagian Selatan. Suzaku ini sering diidentifikasikan sebagai burung Phoenix. Sebenarnya pengertian burung merah dan Phoenix tidak sama. Burung merah ‘menggantikan’ Phoenix, tapi secara umum tetap Phoenix yang lebih terkenal ketimbang burung merah yang terkesan hanya burung biasa.

2. SEIRYU
Naga penjaga bagian Timur. Dalam mitologi barat, naga sering dijadikan tokoh Antagonis atau makhluk yang mengganggu ketentraman manusia. Dalam budaya Timur, naga adalah sosok pembawa keberuntungan dan kekayaan yang wujudnya memang menyeramkan tapi pengasih dan adil.

3. BYAKKO
Macam putih penjaga bagian Barat. Di beberapa versi, ada yang menamakan macan putih ini sebagai Kirin, hewan legenda berbadan seperti Kijang atau kuda yang memiliki sebuah tanduk. Dalam mitologi Jepang, Kirin lebih digambarkan memiliki tubuh menyerupai Kijang. Banyak terjemahan yang mengatakan bahwa Kirin sama dengan Unicorn. padahal Unicorn adalah kuda bertanduk, sementara Kirin kepalanya bukan kuda.

4. GENBU
Kura-kura yang memeliki ekor ular ini menjaga bagian Utara. Keduanya dipercaya merupakan penyebab terjadinya alam semesta. Kura-kura yang berunsur Yin dan ular berunsur Yang, d imana tempurung kura-kura adalah alam semesta. Tempurung kura-kura yang kuat dan berfungsi sebagai pelIndung tubuhnya mirip dengan fungsi tameng, sehingga kura-kura dalam Shijin disebut sebagai Black Warrior. Relief kuno kura-kura yang paling dekat dapat kita temui di Candi Borobudur

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Ini ada Komiknya kan ??
Komik jepang
Tau judulnya gak ? Atau penerbitnya, atau penulis